Polisi dan PMK Kediri Berlatih Pemadaman Kebakaran

Kediri – Polres dan pemadam kebakaran (PMK) Kabupaten Kediri melakukan latihan pemadaman kebakaran bersama. Musim kemarau adalah salah satu alasan digelarnya kegiatan ini.

“Pelatihan ini sangat penting demi meningkatkan keterampilan dan keahlian anggota dalam menangani terjadinya bencana kebakaran,” ucap Wakapolres Kediri Kompol Ariek Indra Sentanu, Jumat (4/8/2017).

Ariek mengatakan, selain mengetahui bagaimana cara menangani bencana kebakaran, pelatihan yang diikuti 250 anggota ini juga mengajarkan cara menggunakan serta memelihara alat pemadam kebakaran dengan benar. Polres Kediri memang menyediakan alat pemadan api ringan (APAR). 

“Ada APAR di setiap ruangan di polres. Pelatihan ini berguna agar anggota lebih mahir dan tidak grogi saat ada kejadian beneran,” ujar Ariek.

Ariek menambahkan, polisi merupakan perwakilan negara dalam segala hal di masyarakat. Pencegahan tindak kriminalitas, penanganan gangguan kamtibmas, penanggulangan masalah sosial, kecelakaan maupun bencana merupakan tugas dari polisi. 

“Dan pelatihan penanganan kebakaran ini merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan anggota,” lanjut Ariek.

Berdasar pantauan detikcom, di wilayah hukum Polres Kediri memang sering terjadi kejadian bencana kebakaran. Mulai dari kebakaran ladang tebu, gudang pembuatan gula tradisional, juga kebakaran yang menimpa permukiman rumah padat penduduk.

“Kabupaten Kediri luas, makanya anggota biar semakin tangkas dan berani mendatangi dan menangani kejadian kebakaran serta membantu petugas PMK di TKP. Apalagi ini musimnya kemarau dan angin kencang,” tandas Ariek.

Ato
Ato

Menyukai Tantangan, Ecommerce Consultant. Business Development and Corporate Market

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *