Potensi Kebakaran Meningkat, Warga Kota Bandung Diminta Waspada

sonick fire

Warga Kota Bandung diminta mulai mewaspadai bencana kebakaran yang dinilai mulai kerap terjadi akhir-akhir ini. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, melalui sambungan telepon, Minggu (31/7/2016).

“Juni- Juli-Agustus ini mulai musim kemarau sehingga membuat cuaca menjadi panas walau masih ditemui hujan sesekali,” kata Ferdi kepada wartawan.

Ferdi menambahkan, suhu panas pada musim kemarau itu memang memicu potensi kebakaran. Sebab suhu panas mempercepat proses pemuaian bahan material listrik, baik yang berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

“Hal itu yang membuat terjadinya arus pendek,” kata Ferdi.

Ferdi mengatakan, pihaknya pun berstatus siaga untuk mengantisipasi kebakaran yang terjadi. Pihaknya menyiagakan semua armada pemadam kebakaran. Selain itu pihaknya juga menyiapkan 181 armada berupa motor roda tiga untuk keperluan pemadam kebakaran di wilayah permukiman padat penduduk.

“Di kota Bandung kan, banyak jalan yang tak bisa diakses mobil pemadam kebakaran,” kata Ferdi.

Disinggung soal potensi bencana lainnya, Ferdi mengatakan, pihaknya juga siaga. Pihaknya tak meremehkan semua potensi bencana yang ada di Kota Bandung meski belum memiliki badan penanggulangan bencana daerah (BPBD).

“Untuk penanganan bencana itu kami ada jurus kolaborasi. Selain itu ada 15.600 relawan bencana dari berbagai latar belakang,” ujar Ferdi.

Ato
Ato

Menyukai Tantangan, Ecommerce Consultant. Business Development and Corporate Market

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *